Cara mengatasi penyakit hiperkolesterolemia


Hiperkolesterolemia familial

Familial hypercholesterolaemia (FH) adalah kelainan bawaan di mana kemampuan hati untuk menghilangkan lipoprotein densitas rendah (LDL) - umumnya dikenal sebagai kolesterol jahat - dari darah terganggu, mengakibatkan kadar kolesterol darah meningkat.

Tanpa diagnosis dan pengobatan dini, kolesterol ini akan menumpuk di arteri, meningkatkan risiko individu terhadap penyakit arteri koroner prematur, serangan jantung, dan kematian dini.

Pada orang dengan FH, penumpukan ini dimulai pada masa kanak-kanak dan itulah sebabnya deteksi dini dan perawatan sangat penting.

Bagaimana Anda mendapatkan FH

FH adalah kelainan autosom dominan. Ini berarti itu adalah kelainan bawaan yang membutuhkan mutasi hanya dalam satu salinan gen yang bertanggung jawab untuk mengatur kemampuan hati untuk menghilangkan kolesterol dari darah.

Karena FH adalah kondisi bawaan, ia hadir sejak lahir.

Orang yang berisiko tinggi mengalami FH

Siapa pun yang memiliki anggota keluarga dekat dengan FH berisiko mengalami kondisi tersebut.
Siapa pun yang memiliki kerabat dekat yang pernah menderita penyakit arteri koroner prematur, serangan jantung prematur atau didiagnosis dengan FH harus diskrining untuk kondisinya. (Pada laki-laki serangan jantung dianggap prematur jika terjadi sebelum usia 55 tahun, sedangkan pada wanita itu sebelum usia 60 tahun.)
Siapa pun yang memiliki kadar kolesterol darah tinggi yang diidentifikasi pada usia dini dapat mengalami kondisi tersebut.
Dalam keluarga dengan riwayat FH, anak-anak harus ditawarkan skrining sejak usia 5 tahun.

Tanda dan gejala hiperkolesterolemia

Biasanya tidak ada tanda-tanda atau gejala FH, itulah sebabnya banyak orang menemukan mereka memiliki kondisi hanya setelah kerabat dekat mengalami serangan jantung, stroke atau masalah lain dari sistem peredaran darah.

Kadang-kadang kolesterol akan menumpuk di berbagai bagian tubuh seperti tumit, siku atau mata (di mana dapat muncul sebagai cincin putih di sekitar iris).

Diagnosis FH dibuat oleh dokter dan didasarkan pada tes kolesterol darah, riwayat keluarga dan - jika tersedia - tes genetik.

Jika Anda curiga Anda menderita FH atau yakin Anda berisiko terhadap FH, kunjungi dokter Anda.

Perawatan FH

FH biasanya dikelola menggunakan statin atau obat penurun kolesterol lainnya dalam kombinasi dengan diet rendah lemak, sehat jantung dan olahraga teratur. Penderita FH seharusnya tidak merokok.

Anak-anak yang didiagnosis menderita FH dapat dengan aman meminum obat penurun kolesterol sejak usia 10 tahun.

Jika tidak diobati

Tanpa pengobatan, kolesterol akan menumpuk di arteri orang-orang dengan FH, meningkatkan risiko penyakit arteri koroner prematur , serangan jantung , dan kematian dini.

Jika Anda memiliki FH

Cari saran medis tentang cara terbaik untuk mengelola kondisi Anda. Ini mungkin termasuk minum obat penurun kolesterol.
Biarkan anggota keluarga lain tahu Anda memiliki FH dan dorong mereka untuk dites. Bahkan anak-anak harus diuji FH karena perawatan dini dapat menjadi vital dalam mencegah masalah jantung di masa depan.
Pertimbangkan untuk bergabung dengan National FH Registry (situs eksternal) .
Bagaimana FH bisa dicegah?
FH diwarisi sehingga tidak bisa dicegah. Namun, dengan deteksi dini dan manajemen yang cermat, yang biasanya meliputi obat penurun kolesterol, penderita FH dapat menjalani hidup yang panjang dan memuaskan.

Berikut tips mengatasi hiperkolesterolemia yang disarankan oleh Artria:

Jika Anda menderita FH, Anda harus memastikan Anda minum obat penurun kolesterol yang diresepkan oleh dokter Anda, menjaga pola makan sehat, rendah lemak, dan berolahraga secara teratur. Kamu tidak seharusnya merokok.

Kunjungi juga:


Subscribe to receive free email updates: